Makanan Khas Daerah

Informasi Terlengkap Seputar Makanan & Oleh-Oleh Khas Daerah Di Indonesia

Macam-Macam Sambal di Indonesia Menggugah Selera

Macam-Macam Sambal di Indonesia Menggugah Selera

Macam-Macam Sambal di Indonesia – Tradisi makan ditemani sambal bagi orang Indonesia hal yang biasa. Bahkan ada yang bilang bukan lidah orang Indonesia kalau makan tanta sambal. Dan faktanya, Hampir semua sajian khas Nusantara akan lebih menggoda jika diberi tambahan sambal.

Tradisi ini ternyata sudah ada sejak lama lo, bahkan sudah ada di masa kolonialisme di Indonesia. Nggak heran kalua traveling atau tinggal di luar negeri, sambal selalu menjadi pelengkap wajib saat makan dan pasti mengaku sangat kangen dengan rasa sambal khas Indonesia. Jadi Ibarat kata, hidup mati orang Indonesia adalah sambal.
Meski zaman sudah berganti sambal selalu eksis diantara makanan-makanan lainnya. Dan kini jenis sambal di Indonesia pun makin beragam. Setiap daerah memiliki sambal khasnya masing-masing dengan bahan yang tersedia di daerah tersebut dan bahan utama cabai.

Umumnya sambal menawarkan sensasi pedas. Tak hanya pedas, sambal juga punya citarasa khas tersendiri di masing-masing daerah. Uniknya semakin pedas sambal semakin bikin ketagihan. Racikan cabe merah dan cabe rawit merah segar, sambal selalu sukses menambah selera makan. Ibarat kata sambal menjadi obat paling manjur buat ningkkatin nafsu makan. Akhirnya, kepingin nambah nasi terus apalagi kalau dipadukan dengan ikan asin, tempe dan beragam sayuran.

Varian sambal yang ada di.Indonesia yang bergam Anda bisa memilih sesuai relera kamu. Buat kamu yang mengaku pecinta pedas, ini dia macam-macam sambal nusantara yang bisa menggugah selera makan kamu:

Macam-Macam Sambal, Berikut:

Sambal Bawang

Sambal Bawang

Sesuai namanya, bahan utama sambal ini selain cabai adalah bawang. Sambal ini memiliki wangi dan rasa yang kuat dari bawang. Sambal bawang memang sedang populer saat ini. Selain cara membuatnya yang mudah anti ribet. Bahannya cuma cabai rawit merah dan bawang putih yang diulek mentah lalu disiram minyak panas.
Nah kalua ngomongin ssensasi pedasnya ya jelas pedes banget sampai bikin bibir kamu jontor. Warnanya merah membara sangat mencerminkan cita rasa dari sambal ini. Sambal ini dipakai pada makanan kekinian yaitu ayam geprek atau ayam penyet.

Sambal Petis

Sambal Petis

Salah satu sambal yang mudah kita temukan di daerah Jawa Timur. Bagi kalian pasti kenal dengan sambal cokelat kehitaman ini. Yups sambal petis. Selain jadi sambal petis juga salah satu bumbu masakan.
Petis terbuat dari hasil olahan ikan atau udang yang dimasak hingga airnya habis dan berbentuk seperti pasta. Kemudian, ditambahkan garam dan karamel dari gula merah agar petis berwarna cokelat kehitaman dan rasanya agak manis. petis mempunyai dua macam berrdasarkan bahan dasar yaitu petis ikan dan petis udang. Selain sensai pedas, sambal petis ada rasa manis.

Sambal Matah

Sambal Matah

Selain sambal bawang, sambal ini juga cukup populer. Jika Anda termasuk anak kekinian pasti sangat familiar dengan sambal satu ini. karena hampir setiap tempat makanan pasti ada sambal matah. Sambal ini berasal dari Bali dan merupakan jenis sambal yang disajikan mentah dengan rasa yang pedas, asam, sekaligus wangi karena tidak melalui proses tumis dan uleg.

Sambal ini cukup unik karena proses pembuatannys berbeda dengan yang lainnya. Umumnya sambal diulek atau dihaluskan, tapi sambal matah cukup dengan diiris tipis-tipis dan dibaurkan menjadi satu. Selain cabai bahan utama dari sambal matah yaitu bunga kecombrang.di tempat asalnya, sambal ini digunakan menjadi sambal pelengkap berbagai lauk pauk, seperti ayam goreng, bebek goreng, hingga ikan goreng.

Sambal Ijo

Sambal Ijo

Sesuai namanya bahan utama sambal ini yaitu cabe ijo. Selain sambal cabai ijo sambal ini juga terkenal dengan sambal lado ijo. Sambal ini berasal dari Sumatera Barat. Bahkan menjadi makanan khas di sana. Itulah kenapa sambal ini tidak pernah lepas dari masakan Padang.

Berbeda dengan sambal lainnya sensasi pedas yang timbulkan sambal ini tidak terlalu terasa. Inilah yang membuat sambal cabai ijo cocok untuk kamu yang tidak begitu kuat dengan rasa pedas. Tapi jangan salah, ke lezatan sambal ini tidak kalah dari sambal yang lain. Dan buat kamu yang ingin makan sambal tapi tidak kuat rasa pedas, sambal cabe ijo solusi paling tepat.

Sambal Bajak

sambal bajak

Sekilas sambal goreng dari Jawa ini hampir mirip dengan sambal terasi. Namun, jida dibandingkan ada perbedaan antar keduanya sambal bajak memakai daun salam, serai dan lengkuas. Meskipun begitu ada juga pemakaian gula Jawa, terasi dan bawang. Kemudian sambal dimasak sampai matang. Sensasi sambal ini yaitu rasa pedas dan manis. Warnanya merah pekat karena menggunakan banyak cabai merah besar dan cabai keriting. Dan disajikan dalam kondisi matang dan sudah ditumis.

Pemakaian kata “Bajak” di sini tidak sama sekali berhubungan dengan bajak laut. Tapi, nama tersebut diberikan karena sambal ini dulunya menjadi menu yang disajikan oleh istri-istri para petani yang sedang membajak sawah.Jenis sambal yang satu ini paling mudah ditemukan di daerah Jawa Timur atau Jawa Tengah.

Sambal Terasi

sambal terasi

Sambal ini berasal dari Sunda. Sambal ini biasa menjadi teman untuk makan sambil menyantap lalapan khas seperti timun, kol, kemangi, atau selada.

Meski nikmat sebagai teman lalapan tapi tidak semua orang suka dengan sambal yang satu ini. Karena terasi yang menjadi salah satu bahan utamaya, mengeluarkan aroma yang tidak terlalu sedap untuk sebagian orang. Bahkan, bagi orang yang memakannya menggunakan tangan langsung, meski sudah mencuci dengan sabun sekalipun aromanya masih menempel.

Terasi terbuat dari ikan atau udang rebon yang difermentasikan dan dibentuk menjadi pasta. Sambal terasi dibuat dengan memanaskan terasi terlebih dahulu, bisa disangrai atau dibakar, lalu campurkan bahan-bahan seperti cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah dan putih, gula merah, dan garam. Kemudian, diulek sampai halus akan menjadi tambah nikmat jika ditambahkan kucuran jeruk purut atau jeruk limo.

Sambal Colo-colo

Sambal Colo-colo

Beralih ke Maluku yaitu sambal colo-colo. Mungkin diantara kalian ada yang kurang familiar sama sambal satu ini. Tapi masyarakat Sulawesi dan Maluku banyak yang jatuh hati dengan sambal ini.

Cara pembuatan sambal ini cukup mudah yaitu irisan cabai rawit, bawang merah, tomat, garam, lalu disiram dengan perasan jeruk nipis. Untuk menambah kenikmatannya ada yang menambahkan kecap manis/asin. Dan sambal ini juga menjadi kondimen untuk masakan ikan bakar atau goreng di Maluku. Nah buat kamu yang berencana ke Maluku jangan coba cicipi sambal yang satu ini.

Sambal Tomat

macam macam sambal indonesia - sambal tomat

Selain sambal cabe ijo, buat kamu yang tidak begitu suka pedas sambal tomat patut dicoba. Campuran tomat pada sambal ini membuat sambal terasa segar dan tidak terlalu pedas. Sambal yang satu ini terkenal di masyarakat jawa. Tidak heran jika sambal tomat menjadi salah satu sambal paling rekomended buat jadi pendamping wajib makananmu.

Tomat memiliki kandungan yang cukup banyak, maka tekstur sambal tomat biasanya cenderung cair. Dan ada sensasi asam manis.

Sambal Kecap

macam macam sambal indonesia - sambal kecap

Sambal ini memiliki warna kehitaman dan sekilas seperti sambal petis. Buat kamu yang ngak suka ribet kamu bisa mencoba sambal kecap.

Cara membuat sambal paling mudah dibuat yaitu sambal kecap. Sambal ini disajikan mentah karena terdiri dari irisan cabai merah, cabai rawit, dan bawang merah yang diiris tipis, lalu disiram dengan kecap manis. Sambal ini punya cita rasa pedas sekaligus manis yang lezat. Sambal kecap sangat cocok dijadikan cocolan ayam, ikan, hingga gorengan.

Sambal Pencit

macam macam sambal indonesia - Sambal Pencit

Sambal ini menjadi salah satu bukti bahwa perkembangan zaman sambal akan semakin beragam. Contohnya sambal pencit. Sambal ini terbuat dari irisan mangga muda yang diberi campuran cabai rawit, garam, terasi bakar, dan gula merah. Rasanya asem-asem pedas bikin nagih.

Pemakaian pencit pada nama sambal ini tidak lain karena bahan utama sambal ini adalah mangga muda atau dalam bahasa Jawa pencit berarti mangga muda.

Tak hanya sambal pencit, ada sambal lain yang juga menggunakan campuran buah yaitu tempoyak. Sambal cukup jarang ditemukan di Pulau Jawa, tapi namanya populer di Sumatera Selatan atau Jambi. Buah yang digunakan pada sambal ini adalah Durian.

Demikian pemaparan macam macam sambal yang populer di Indonesia. Jadi apa sambal favoritmu? Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa informasi kita tentang macam macam sambal di Indonesia.

Back to top