Makanan Getuk Di Indonesia Yang Masih Eksis Hingga Sekarang

Makanan Getuk – Berbahan baku dari ketela pohon atau singkong, menjadikan makanan ini cocok di lidah masyarakat Indonesia. Teksturnya yang lembut dan cita rasa manis, membuat Getuk menjadi makanan tradisional lyang masih eksis sampai sekarang. Untuk mendapatkannya pun cukup mudah. Kamu bisa menjumpainya di berbagai pasar tradisional yang ada di pulau Jawa. Jadi, saat berkunjung ke pulau jawa, jangan lupa singgah sebentar untuk menyicipi jajanan yang satu ini.

Baca Juga: Oleh Oleh Khas Jogja Dari Terlezat Hingga Anti Mainstrem | Kamu Harus Coba!!!

Pembuatannya cukup mudah, mulanya singkong hanya perlu dikupas, lalu direbus hingga matangyang dihaluskan kemudian dicampur dengan gula pasir atau gula merah membuat getuk menjadi jajanan yang tak tergantikan. Untuk menambah kenikmatannya biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut.

Sangking populernya jajan ini bahkan, diberbagai wilayah di Jawa memiliki jenis getuk dengan ciri khas yang berbeda-beda. Meskipun memiliki sebutan sama di setiap wilayah getuk singkong memiliki varian rasa yang berbeda mulai yang berisi gula Jawa hingga selai buah. Penasaran macam-macam getuk yang ada di Indonesia, sebagai berikut,

Getuk Pisang

Jajanan getuk yang satu ini terbilang berbeda, karena tidak terbuat dari campuran singkong dan gula, tapi dari buah pisang. Getuk yang satu ini merupakan makanan khas Kediri.
Meskipun tidak terbuat dari singkong, jangan salah getuk yang satu ini tak kalah nikmatnya dengan getuk berbahan singkong. Jenis pisang yang diguankan untuk membuat getuk ini sangat bervariasi seprti pisangkepok, pisang raja nangka, pisang tanduk, pisang raja, dan pisang ambon. Namun, pisang yang biasa dipakai adalah pisang raja nangka.

Seperti halnya getuk lainnya, cara pembuatan getuk pisang sangat mudah. Yaitu, pisang dikukus terlebih dahulu, lalu dihaluskan kemudian dicampur dengan gula pasir dan sedikit garam dan dibungkus dengan daun pisang memanjang seperti lontong. Saat disajikan, getuk pisang mengeluarkan aroma harum khas pisang. Cita rasa yang ditawarkan getuk ini yaitu manis dan sedikit asam

Getuk Goreng

Getuk yang satu ini merupakan oleh-oleh khas Banyumas. Seperti namanya getuk ini dibuat dengan cara digoreng dan dibumbui gula kelapa. Cara memasaknya yang digoreng menjadikan getuk yang satu ini tak hanya menawarkan rasa manis tetapi juga gurih.

Cara membuat getuk ini cukup mudah. Yaitu dibuat dengan cara menggoreng potongan getuk ke dalam minyak panas hingga berwarna kecokelatan.

Getuk Lindri

Kamu pasti tidak asing lagi dengan getuk yang satu ini. Nah, bisa dibilang getuk lindri merupakan jenis getuk yang paling familiar dan dikenal banyak orang. Getuk yang terbuat dari singkong ini mempunyai sejarah dari penyebutan namanya yaitu nama lindri yang menyerupai mesin penggiling adonan mi tradisional.

Tak hanya enak, getuk yang satu ini disajikan dengan warna-warna yang menarik, ada putih, hijau, cokelat, dan merah muda. Tak berhenti disitu, getuk ini juga memiliki aroma yang khas karena menggunakan daun pandan.

Getuk Sukun

Seperti halnya getuk pisang, getuk sukun juga tidak terbuat dari singkong tetapi terbuat dari buah sukun. Namun dalam pembuantannya seperti halnya proses pembuatan getuk pada umumnya. Yaitu, getuk sukun terbuat dari sukun matang yang dikukus kemudian dihaluskan bersama campuran gula pasir dan sedikit garam.

Berbeda dengan getuk yang lain yang memiliki tekstur lembut, getuk suku bertekstur lebih keras dan padat dengan cita rasa yang manis. Penasaran dengan cita rasa yang ditawarkan getuk ini, aroma khas buah sukun matang saat disajikan, akan membuat kamu tak sabar ingin segera menyicipinya.

Getuk Kurung

Mendengar getuk yang satu ini mungkin kamu penasara dengan sebutan namanya. Nama kurung diambil karena getuk ini berasal dari desa Kurung, Klaten, Jawa Tengah. Jadi, sudah bisa ketebal dong dimana asal getuk yang satu ini.

Saat melihat getuk yang satu ini kamu jangan Cuma memandang tapi, coba belah kamu akan terlihat isian berupa selai nanas berwarna kuning keemasan yang meleleh saat kamu memakannya. Untuk menambah daya tariknya getuk kurung ini juga dibuat dalam berbagai warna agar terlihat lebih menarik.

Getuk Singkong Gula Jawa

Seperti halnya getuk lainnya getuk ini dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional. Cara pembuatannya yang manual yaitu ditumbuk membuat getuk ini masih memiliki tekstur sedikit kasar hingga bulir singkong terlihat di beberapa sisi. Dalam penyajiannya, biasanya getuk akan ditabur dengan parutan kelapa atau siraman saus gula merah kental sehingga lebih legit.

Sekian pemaparan tentang macam-macam getuk dari berbagai daerah. Jangan khawatir, kalau kamu ingin menyicipinya cukup buat sendiri, karena cara pembuatannya sangat mudah. Menawarkan rasa lezat, kamu juga bisa menjadikan jajanan ini sebagai sumber karbohidrat.

Related Post