Makanan Khas Jawa Bikin Ketagihan | Kamu Harus Coba!!!

MAKANAN KHAS JAWA – Kalau ditanya satu hal apa yang kamu ingat tentang daerah Jawa, Apa Jawabanmu? Wisata? Budaya? Bahasa? Atau kuliner? Sudah menjadi rahasia umum, setiap daerah di Indonesia selalu kaya akan berbagai hal. Tak terkecuali Jawa.

Jawa memiliki beragam kekayaan. Seperti keaneragaman masakan khas Jawa. Masakan Jawa dikenal memiliki cita rasa yang lezat dan menggugah selera yang dilengkapi dengan bumbu-bumbu rempah yang khas.
Nah, bagi kamu yang akan berkunjung ke pulau Jawa, singgahlah sebentar untuk menyicipi seporsi dua porsi makanan khas Jawa. Kamu bisa menemukan beragam rasa di makanan Jawa. Seperti rasa manis, pedas, asam, atau perpaduan semua rasa. Berikut ulasan makanan khas Jawa;

Soto

Soto merupakan salah satu masakan berkuah yang populer di Jawa. Bahkan, di beberapa daerah di pulau Jawa memiliki Soto khas daerahnya masing-masih. Namun pada umumnya, soto disajikan dalam mangkuk kecil berisi kuah bening ditambah asam Jawa ditambah nasi, mie, tauge, daun seledri dan juga bawang goreng. Untuk menambah kenikmanannya, soto biasanya dinikmati dengan sate telur puyuh, gorengan, perkedel, dan kerupuk.

Pecel

Untuk makan ini, sangat mudah dijumpai bi berbagai wilayah di Jawa. Tak hanya lezat tapi karenan harganya yang sangat terjangkau. Pecel merupakan makan yang berisi aneka sayuran rebus. Seperti sayur bayam, kangkung, ubi jalar, daun ketela, daun beluntas, daun pegagan, kecombrang, polong, kacang panjang, kecipir, kecambah, dan sayur lain. Sebagai penambah rasa pecel disiram dengan bumbu yaitu sambel campuran caberawit kacang tanah yang di ulek halus

Untuk mendapatkan makan ini sangatlah mudah, bahkan biasanya makanan ini banyak dijajakan di pinggir jalan dengan cita rasa manis, asam, pedas, dan gurih. Namun, pecel yang paling populer diantara pecel lainnya yaiitu Pecel Madiun. Keistimewaan pecel ini yaitu penambahan jeruk purut pada bumbu kacangnya, sehingga memberikan aroma dan rasa yang khas.

Gudeg

Siapa yang tak kenal dengan makanan olahan nangka muda ini. Yups, Gudeg merupakan makann tradisional khas Jogja yang sangat terkenal, bahkan menjadi ikon kuliner di kota Yogyakarta. Jadi, jangan heran saat kamu berkunjung ke Jokja hampir di setiap sudut kotanya banyak orang menjajakan makanan yang bercita rasa manis ini.

Cara pembuatannya pun cukup mudah yaitu dibuat dari buah nangka muda yang dimasak dengan santan dan gula serta daun jadi untuk menghasilkan warna cokelat. Saat memasaknya Kamu harus sabar karena Gudug membutuhkan waktu berjam-jam sehingga masakan begitu meresap.

Gethuk

Nah untuk makanan yang satu ini, merupakan olahan Ketela. Getuk menawarkan tekstur lembut di mulut saat kamu pertama kali menyicipinya. Meski makanan ini termauk makan tradisional tapi jangan salah, kini olahan Gethuk sangat bervariasi dan kreatif. Bahkan, kamu bisa menemukan makanan ini di restoran ternama sekalipun, tetapi dengan rasa dan harga yang sangat beda tentunya. Getuk terbuat dari singkong atau ketela rebus yang dihaluskan dan diberi varian warna, penyajiannya pun dilengkapi dengan urap atau kelapa parut yang telah dikukus. Gethuk bukan hanya makanan lezat tetapi juga mengenyangkan.

Nasi Gandul

Kuliner yang satu ini merupakan makanan khas Jawa Tengah tepatnya dari wilayah Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Cara penyajiannya nasi gandul ini dengan daun pisang. Rasa nasinya juga lebih gurih dipadukan dengan kuah yang segar serta lauk berupa daging sapi yang sudah diolah. Memiliki nama yang unik, mungkin kamu penasaran cita rasa yang ditawarkan makanan ini. Jadi, saat kamu melewati atau berkunjung wilayah Pati, tak ada salahnya untuk singgah sejenak berwisata kuliner khas di wilayah itu.

Baca Juga: Berkunjung Ke Bandung? Ini Oleh Oleh Khas Bandung yang Wajib Anda Beli

Nasi Liwet

Kuliner yang satu ini tak hanya populer di Jawa Tengah tetapi juga di Jawa Barat. Sekilas, Nasi liwet hampir mirip dengan nasi gurih atau nasi uduk. Berbeda dengan nasi pada umumnya, pada kuliner ini nasi dimasak menggunakan berbagai bumbu dan rempah. Penyajian akan lebih nikmat saat disajikan bersama suwiran daging ayam dan areh semacam bubur gurih yang terbuat dari kelapaara membuat nasi liwet ternyata tidak sulit jika dipraktikkan sendiri di rumah.

Rujak Cingur

Makanan khas yang satu ini berasal dari Surabaya. Dikenal sejak lama, kalau Surabaya terkenal dengan kekayaan kulinernya. Mendengar pertama kali mungkin kamu merasa aneh tapi makanan yang terbuat dari cingur sapi ini juga memiliki cita rasa yang khas dan sangat sedap. Di rujak cingur ini memang disajikan dengan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus.

Satu porsi Ruja Cingur biasabya berisi campuran beragam bahan seperti bengkoang, nanas, mangga muda, tahu, tempe, lontong, kangkung, kacang panjang, dan taoge. Kemudian, disiram dengan bumbu dari olahan petis udang, bawang goreng, kacang tanah, cabai dan bahan lainnya.

Rawon

Makanan yang satu ini termasuk hidangan berkuah. Berbeda dengan Soto, Rawon merupakan sup yang berisi potongan lembut daging serta aroma dan warna hitam khas dari buah keluak. Dan taburan kecambah mentah yang menghasilkan sensasi renyah.

Menikmati kuliner yang satu ini kamu bisa menikmatinya bersama nasi putih hangat serta lauk seperti tempe goreng maupun telur asin, akan menambah kenikmatan siapa saja yang mencobanya.

Nah, bagi kamu yang akan melancong atau sudah berada di pulau jawa. Jika, kamu berhasil mengunjungi pulau jawa luangkan waktumu sejenak sambil beristirahat kamu bisa menikmati makanan lezat khas Jawa..

Related Post