Makanan Khas Karanganyar Solo, Jawa Tengah Paling Terkenal Paling Enak, Yang Wajib Anda Coba…

Makanan Khas Karanganyar Solo, Jawa Tengah Paling Terkenal, Paling Enak. Yang Wajib Anda Cobain Saat Berkunjung Ke Daerah Kabupaten Karanganyar…

Karanganyar merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Tengah, di kota ini Anda bisa menemukan berbagai macam obyek wisata menarik mulai dari wisata alam, wisata sejarah candi, museum manusia purba klaster dayu, kampung wisata kuliner dusun klatak karangpandang dan masih banyak tempat wisata lainnya. Setelah puas berkeliling, tentunya tidak akan sah apabila Anda belum mencicipi makanan Karanganyar serta membawa oleh-oleh khas yang sangat lezat.

Karanganyar menawarkan banyak sekali kuliner makanan yang sangat lezat, enak dan membuat kita ketagihan untuk mencicipinya. Salah satu makanan yang khas di Karanganyar adalah Sate Kelinci Tawangmangu, namun ternyata tidak hanya itu saja yang bisa kita nikmati. Berikut adalah 6 makanan khas di Karanganyar yang wajib Anda coba.

Inilah Makanan Khas Karanganyar Solo

Makanan Khas Pertama Adalah Sate Kelinci

makanan khas karanganyar solo

Sate kelinci bisa Anda temukan di kawasan wisata Tawangmangu, Karanganyar. Iya, Sate kelinci khas karanganyar ini sangat terkenal kelezatannya sehingga banyak orang penasaran akan rasa dari sate kelinci. Sate kelinci disajikan bersama nasi putih hangat atau lontong atau ketupat yang ditaburi bumbu sambal kacang, irisan kol, tomat, irisan cabai dan bawang merah mentah, dijamin Anda bakal ketagihan.

Sate kelinci merupakan kuliner yang selalu dicari-cari wisatawan saat berkunjung ke Tawangmangu. Wisatawan bisa dengan mudah menemukan warung makan yang menyediakan sate kelinci dipinggir jalan.

Untuk harga seporsi sate kelinci rata-rata berisi 10 tusuk sate kelinci yang dijual seharga Rp 15 ribu – 20 ribu.

Makanan Khas Kedua Adalah Sop Iga dan Buntut

sop buntut dan iga khas karanganyar solo

Bagi masyarakat Karangayar makanan sop iga dan buntut khas tawangmangu sudah tidak asing lagi. Salah satu kuliner legendaris di Karanganyar yang selalu menjadi incaran wisatawan.

Iklim yang sejuk paling enak menyantap makanan hangat berkuah, iya pilihan tertuju pada sop iga dan buntut menjadi sajian khas Anda.

Makanan Khas Ketiga Adalah Tahu Kempong Klatak Karangpandan

tahu kempong khas klatak karangpandan karanganyar

Tahu Pong (Kempong) Khas Klatak, Karangpandan, Karanganyar ini merupakan makanan yang wajib Anda coba selanjutnya saat Anda berkunjung di Karanganyar.

Iya, daerah Karanganyar khususnya dusun klatak, karangpandan sejak dulu identik dengan sentra produksi tahu dan aneka olahan tahu seperti tahu kempong. Tahu kempong ini sangat enak di nikmati bersama sambal kecap atau cabe rawit. Pokoknya rekomendasi banget buat Anda yang berkunjung di Karanganyar.

Tempat produsen tahu kempong yang terkenal di Karanganyar dan sekitarnya salah satunya Hj. Suratmi, Pengusaha Tahu di Klatak, Karangpandan yang sampai sekarang masih bertahan.

Disisi lain keunggulan tahu pong Bu Ratmi ini adalah cara proses pembuatannya yang tanpa bahan pengawet.

Hj. Suratmi atau lebih akrab dipanggil Bu Ratmi ini menjelaskan tahu pong biasa digunakan dalam acara rapat, arisan, seminar, atau acara lain yang sejenis.

Sejauh ini untuk pemasarannya lumayan luas. Bahkan hampir se solo raya meminta tahu pong dari usahanya. Namun seiring banyaknya pengusaha tahu, pemiliki tahu pong Bu Ratmi tetap eksis di usaha tahunya hingga sekarang.

Makanan Khas Keempat Adalah Jadah Tempe

jadah tempe makanan khas tawangmangu

Makanan khas jadah tempe ini menjadi salah satu makanan favorit para wisatawan setelah pulang wisata dari Tawangmangu, pasti disempetin mampir ke Jadah Tempe. Jadah Tempe sendiri adalah makanan khas yang terbuat dari bahan ketan, yang di jadikan satu dengan tempe bacem beserta ceplusan lombok.

Untuk jenis jadah tempe yang di jual sudah bermacam-macam, seperti Ada Jadah Tahu, Jadah Tempe asli, Jadah Tempe Gembus, Jadah Abon, Jadah Srundeng dan Jadah Blondo dan masih banyak variannya.

Makanan Khas Kelima Adalah Gethuk Semar Karanganyar

getuk semar karangpandan karanganyar

Getuk semar khas karanganyar ini berbeda dengan getuk pada umumnya, getuk semar ini terbuat dari singkong jalak towo yang memang diambil langsung dari kawasan tawangmangu, karanganyar. Getuk semar bukan digoreng, melainkan dikukus lalu ditumbuk bersama gula merah lalu diiris-iris tanpa ada lagi proses selanjutnya, melainkan langsung dihidangkan.

Makanan Khas Keenam Adalah Pisang Molen

pisang molen tawangmangu karanganyar

Pisang molen khas tawangmangu, karanganyar tentu sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita, molen ini adalah kudapan yang sangat cocok dijadikan camilan dan juga oleh- oleh saat berkunjung di tawangmangu, karanganyar.

Yang membedakan Molen Khas Karanganyar dengan molen pada umumnya adalah pisangnya. Iya, Pisang yang digunakan adalah pisang bawen tanduk yang diambil dari tawangmangu. Pisang jenis bawen tanduk ini mempunyai ciri khas yaitu apabila sudah masak rasanya manis legit sehingga cocok digunakan sebagai isian molen.
Pisang molen khas tawangmangu, karanganyar memiliki bentuk yang unik, yaitu bentuknya kecil kecil imut, cocok dijadikan camilan dan oleh-oleh baik warga lokal maupun wisatawan.

Jadi mau menciipi makanan khas karanganyar yang mana dulu nih sobat?

Coba Pilih Makanan Khas Karanganyar Solo sesuai selera Anda.

Semoga bermanfaat…

Related Post