7 Makanan Khas Surabaya Wajib Dicoba

makanan khas surabaya

Makanan Khas Surabaya – Siapa yang tidak tahu sama kota yang mempunyai patung icon Sura dan Baya (ikan hiu dan buaya). Kota yang konon katanya ada karena perkelahian antara ikan hiu Sura dengan Buaya. Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang terletak di pulau Jawa, tepatnya di Jawa Timur. Terkenal dengan kota industri, Surabanya menyimpan makanan khas yang beragam dan bervariasi membuatnya menjadi salah satu kota tujuan kuliner di pulau Jawa.

Nah, buat kamu yang berencana berkunjung ke Surabaya untuk menyicipi makanan khasnya. Kota yang juga terkenal dengan sebutan Kota pahlawan ini memiliki segudang kuliner yang wajib dicoba.Mencicipi kuliner Surabaya tidak akan cukup dilakukan dalam sehari karena jumlahnya yang banyak. Simak daftar makanan khas surabaya:

Rujak Cingur

makanan khas surabaya

Salah satu makanan khas Surabaya yang terkenal adalah rujak cingur. Sanggking populernya makanan ini kamu bisa menjumpai makanan ini di setiap daerah di Indonesia. Bagi Anda yang mengaku pencinta rujak, wajib mencoba olahan rujak yang satu ini.

Rujak cingur terbuat dari dua jenis, yaitu rujak cingur matengan yang semua bahannya dimasak dan rujak cingur campur buah. Makanan ini juga mempunyai isian lain seperti lontong, taoge, kangkung, tahu goreng, tempe goreng dan lainnya. Sedangkan untuk rujak cingur campur buah, di dalamnya akan ditambah buah nanas, mangga muda, bengkuang, mentimun, dan buah lainnya.

Penambahan cingur dalam isian makanan ini mungkin aneh di telinga kamu, tapi jangan salah sekali nyoba kamu bakal ketagiah. Biasanya makanan ini ditawarkan pun tergolong murah, rata-rata hanya berkisar Rp. 20.000,00 saja per porsinya.

  • Tahu Tek

tahu tek

Makanan khas Surabaya selanjutnya adalah tahu telor atau tahu tek. Sama halnya rujak cingur makanan ini sudah tersebar luas. Makanan khas Surabaya satu ini berisi potongan tahu yang dicampur dengan telur, lalu digoreng bersamaan dan dipotong-potong.

Di atasnya ditambahkan taoge, kentang dan kemudian disiram dengan saus kacang pedas ditambah petis khas Surabaya. Hmm membayangkannya saja sudah bikin ngiler. Eh eh eh… jangan lupa krupuknya.
Mananan yang satu ini biasanya dijajakan pada malam hari sekitar pukul 20.00 WIB. Rasanya yang sedap ini membuat tahu tek menjadi makanan khas surabaya yang enak.

  • Sate Klopo

sate klopo

Mungkin kamu familiar sama sate, tapi pernah coba sate dicampur kelapa. Kalau belum, kamu harus coba makan khas Surabaya yang namanya Sate klopo. Klopo adalah bahasa Jawa yang berarti kelapa.

Berbeda dengan sate pada umumnya yaitu bumbu sambal kecap atau sambal kacang, Sate klopo menggunakan buah kelapa sebagai bahan campuran satenya.Sate klopo terbuat dari daging sapi yang diiris tipis dan diberikan lumuran kelapa sebelum dibakar. Oleh sebab itu, namanya adalah klopo yang berarti kelapa.

Sate klopo biasanya dijajakan pada malam hari. Dan gak tanggung-tanggung, daging sate klopo ini disajikan dengan porsi besar. Jadi, biar muat makan banyak, kalau berkunjung ke Surabaya kosongkan perut kamu dulu.

  • Lontong Balap 

Lontong Balap

Lontong balap sudah dikenal di Surabaya, sejak tahun 1956. Hingga kini makanan ini masih diburu oleh para wisatawan. Sangking melegendanya makanan ini sampai ada cletuka “Madura ada sate Surabaya ada lontong balap”

Makanan ini dibuat dari bahan dasar lontong yang diberi topping tahu goreng, taoge, lentho, kecap, sambal dan tak ketinggalan bawang goreng. Sekilas panganan ini mirip kupat tahu. Jika datang ke surabaya, jangan lupa untuk mencicipi makanan legendaris ini.

Jadi, Kamu yang mamipr ke Surabaya, jangan lupa untuk mencoba makanan satu ini. Selain mengenyangkan, rasa lezat penuh ciri khas Surabaya ini bakalan membuatmu kangen datang ke Surabaya lagi.

  • Nasi Krawu

makanan khas surabaya - Nasi Krawu

Tidak hanya di Gresik, makanan ini juga jadi makanan khas di Surabaya. Sama-sama Enak! Buat kamu yang belum pernah nyicipi makanan ini mungkin sekilas terlihat seperti gudeg, tapi bukan.

Cirinya adalah nasinya yang pulen dan disajikan dengan daun pisang. Lauknya dapat berupa sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal petis dan serundeng. Sambal terasi yang disajikan bersama dengan nasi krawu memiliki rasa pedas. Buat pedas mania, makanan khas Surabaya Jawa Timur ini harus kamu coba.

  • Pecel Semanggi

makanan khas surabaya - Pecel Semanggi

Kamu belum ke Surabaya kalau belum nyicipi pecel yang satu ini. Ke surabaya tidak lengkap jika tidak membeli pecel. Masih sekarang pecel tersebar di Jawa, tetapi tetap harus mecoba pecel di Surabaya. Pecel di Surabaya berbeda dari yang lain.

Namanya Pecel Semanggi. Makanan khas Surabaya yang enak ini ditambah daun semanggi yang dikukus. Kemudian dilumuri dengan bumbu kacang yang royal dan kerupuk. Kerupuk uniknya dari pecel semanggi ini bisa dibuatkan saus. Semanggi juga dapat dihidangkan dengan kecambah, kangkung, kerupuk uli yang terbuat dari beras

Pecel semanggi ini bisa jadi alternatif buat kamu yang lagi diet lo. Jadi bisa untuk sarapan sehat, karena banyak sayurnya.

  • Sate Karak

makanan khas surabaya - Sate Karak

Pernah nyoba makanan yang satu ini? Sate karak ini terbilang unik, karena penyajainnya beda dari sate pada umumnya. Sate Karak disajikan dengan ketan hitam. Ketan hitam ini digunakan sebagai pengganti lontong. Kemudian daging satenya adalah jeroan sapi.

Sate karak menjadi kuliner tradisional yang hanya populer di Surabaya. Konon, makanan ini diklaim asli dari kawasan Ampel, Surabaya di bagian utara. Sajian nikmat yang biasa dijadikan menu untuk sarapan ini dikenal sejak tahun 1960-an. Sayang, kini sate karak makin punah. Bahkan, tidak sedikit generasi muda yang tidak mengenal kuliner istimewa ini.

Kota Surabaya memang surganya kuliner, Jadi kapan rencana berwisata ke Surabaya? Berkunjung ke Surabaya jangan berbasa-basi, langsung saja beli makanan khas Surabaya . Tak perlu khawatir bakal kelaparan karena ujung kota metropolis ini, banyak kuliner khas yang tersebar.

Related Post