Makanan Khas Kudus yang Enak dan Melegenda, Kamu Wajib Coba!!!

Makanan Khas Kudus

Makanan khas Kudus – Indonesia terkenal karena keanekaragamannya. Tak hanya keeksotisan alamnya, tapi juga kelezatan makanannya. Hayooo… udah nyicipi makanan daerah mana saja nih?

Kelezatan makanan daerah memang tak lepas dari keragaman budaya dan bahan pangan yang tersedia di daerah tersebut. Buat kamu yang seorang foodie cita rasa makanan yang berbeda mungkin menjadi hal yang biasa. Seperti makanan Jawa yang terkenan kuat dengan rasa, Masakan olahan daerah Sumatra yang kaya, hingga masakan Sulawesi yang. banyak menggunakan ikan dengan rasa asam pedas bumbu, asin dan manis.

Nah, salah satu daerah yang memiliki keragaman makanan yaitu Jawa. Pulau ini secara administratif saja terbagi menjadi enam provinsi, sehingga tidak mengejutkan kalau memiliki kuliner yang sangat beragam. Membicaakan soal kuliner Jawa, kita mampir dulu ke kota yang terkenal dengan kreteknya. Yups, betul banget kota Kudus. Kudus merupakan salah satu wilayah di Jawa Tengah.

Seperti halnya kota lainya, Kudus juga memiliki kuliner yang beaneka ragam dan rugi bila dilewatkan. Mulai dari makanan ringan,berat yang digoreng, direbus, dibakar bercita rasa manis hingga asin semuanya bisa anda dapatkan di Kudus. Jadi apabila anda berkunjung ke Kudus atau melewati kota ini jangan segan-segan luangkan waktu Anda, ada deretan makanan khas yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja.

Lebih jelasnya simak ulasan berikut.

  • Soto Kerbau

soto kerbau kudus

Soto memang tidak familiar di telinga masyarakat Indonesia. Soto juga mudah ditemuka di setiap daerah. Soto pada umumnya disajikan dengan daging ayam atau daging sapi sebagai isian soto. Namun, soto khas Kudus jelas berbeda dengan soto lainnya. Soto Kudus itu sendiri umumnya disajikan dengan menggunakan mangkok kecil. Penyajiannya juga cukup lengkap berupa nasi putih, daging ayam, seledri, tauge dan juga kuah. Selain itu juga dilengkapi bawang goreng sebagai penyedapnya.

  • Nasi Pindang Kerbau

nasi pindah kudus

Selain soto kerbau ada makanan khas kudus lain yang berbagan dasar daging kerbau, yaitu nasi pindang kerbau ini. Makanan ini berasal dari lereng Gunung Muria, Nasi pindang disajikan dengan nasi, irisan daging dan daun melinjo kemudian disiram dengan kuah santan. Saat melihat makanan yang satu ini mungkin familiar dengan makanan lain yaitu nasi rawon. Meski terlihat sama keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas yaitu kuah nasi pindang kerbau dicampur dengan keluak dan daun melino sehingga menjadikan makanan ini sajian kuliner yang istimewa. Pemberian kuah santan membuat cita rasa lebih nikmat dan gurih.

  • Sate Kerbau Kudus

sate kerbau

Makanan khas kudus yang selanjutnya adalah sate kerbau. Melihat dari namanya saja, tentu bisa menebak apa bahan utama makanan ini yaitu daging kerbau. Selain soto kerbau, sate kerbau juga menjadi makanan yang cukup favorit. Meski terkenal alot, daging kerbau pada makanan ini berstuktur empuk. Daging kerbau dimasak dengan cara dicincang kemudian dipukul untuk dimemarkan. Baru kemudian dibumbu dan dimasak. Bumbunya berupa campuran serundeng, kacang tanah dan juga kentang yang dihaluskan bersama bawang merah dan putih.

  • Pecel Pakis Colo

pecel pakis colo

Pecel pakis colo terbuat dari tanaman paku-pakuan. Disajikan bersama dengan sayur atau tanaman lainnya. Seperti tauge, kacang Panjang, atau tanaman lainnya. Kemudian diguyur bumbu yang terbuat dari gula merah dan cabai keriting. Pecel sendiri merupakan makanan yang terdiri dari sayur yang direbus dan lauk. Umumnya disajikan menggunakan piring lidi yang disebut ingke, pincuk, atau tampah bambu.

  • Garang Asem Kudus

Makanan Khas Kudus

Makanan khas selanjutnya adalah garang asem. Makanan ini disajika berupa lauk yang dimasak dengan dibungkus daun pisang untuk kemudian dikukus atau digarang. Jenis lauk yang diolah pun bisa bermacam macam, diantaranya ayam, jeroan, ikan, jamur ataupun tahu. Makanan ini memiliki cita rasa yang asam sekaligus pedas. Rasa asam sendiri karena irisan tomat hijau yang menjadi dominan makanan ini.

  • Lentog Tanjung

lentog kudus

Lentog tanjung adalah salah satu makanan khas daerah Kudus ini. Makanan ini terbuat dari lontong yang sudah diiris kemudian diberi sayur nangka muda, ditambah lodeh tahu dan juga sambal. Dengan perpaduan sayur dan tambahan sambal membuat rasa lentog tanjung semakin nikmat dam menggoda. Sebagian masyarakat yang baru pertama kali berkunjung ke Kudus mungkin terdengar asing tapi makanan ini menjadi salah satu makanan khas kudus dan hanya bisa anda temukan di Kudus saja.

  • Ayam Gongso Kudus

ayam gongso

Makanan khas kudus selanjutnya yaitu Ayam gongso. Selain ayam gongso makanan ini juga terkenal dengan sebutan ayam tumis. Pembuatan makanan ini yaitu ayam yang dimasak dengan campuran bumbu kecap dan cabai. Ayam gongso memiliki cita rasa manis dan gurih serta sedikit pedas, sangat menggugah selera. Ayam gongso akan menjadi tambah nikmat ditemani dengan nasi putih hangat. Bumbu yang digunakan dalam masakan ayam gongso ini adalah bumbu kecap. sensasi rasa manis, pedas, dan gurih Ayam gongso , dijamin bakal bikin kamu susah berhenti makan.

Itulah beberapa makanan khas Kudus yang wajib anda cicipi ketika berkunjung ke Kudus.. Tak perlu ditanyakan lagi, makanan diatas merupakan makanan khas yang menawarkan cita rasa yang nikmat dan juga unik. Terlebih lagi beberapa makanan memiliki cerita yang menakjubkan dibaliknya. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi Anda, khususnya bagi Anda yang akan berkunjung ke Kudus.

Related Post