Makanan Khas Solo Yang Wajib Anda Coba Saat Berkunjung Di KOTA SOLO

makanan khas solo

Makanan Khas Solo Yang Wajib Anda Coba Saat Berkunjung Di KOTA SOLO

Makanan Khas Solo  –  Wisata kuliner, Kota Solo menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Jawa Tengah. Banyak sekali tempat wisata di Solo yang kini bisa kamu kunjungi bersama keluargamu. Tak lengkap rasanya jika kamu berkunjung ke kota Solo, tidak mencicipi makanan-makanan khas yang berasal dari Solo.

Berbagai makanan dan minuman maupun jajanan khas dapat dijumpai dengan mudah di Kota Solo. Lidah Anda juga akan dimanjakan oleh keanekaragaman kuliner yang tersebar di berbagai sudut kota.

Ternyata Makanan Khas Solo sangat banyak sekali. Kami berhasil merangkum sedikitnya 7 makanan enak di Solo yang bisa kamu cobain.

Nah, agar tidak penasaran apa saja makanan khas Solo yang paling recommended buat dicoba? Pada artikel ini, #MakananKhasDaerah telah merangkum daftar nama makanan lengkap beserta penjelasannya. Langsung saja yuk kita intip sama-sama!

#1 Makanan Khas Pertama Adalah Nasi Liwet

makanan khas nasi liwet

Kelezatan nasi liwet Solo sudah tak perlu diragukan lagi, gurih dengan banyak sekali pilihan hidangan pelengkap. Makanan yang satu ini salah satu makanan khas kota Solo yang wajib Anda coba saat Anda berkunjung di kota ini.

Nasi liwet merupakan makanan paling ikonik dari Solo yang memiliki cita rasa tradisional yang naikmat.

Seporsi nasi liwet Solo disajikan bersama sayur labu siam, ayam suwir, telur pindang, dan selalu diakhiri dengan menuang areh ke atasnya. Hidangan populer nasi campur ini memang tak pantas dilewatkan kalau kamu sedang menyambangi kota yang letaknya tak terlalu jauh dari Yogyakarta ini.

Nasi liwet juga dimeriahkan dengan beberapa pelengkap lain, seperti tahu, tempe, opor ayam, aneka sate, dan kerupuk.

Uniknya, nasi liwet ini diasajikan diatas daun pisang. Biasanya para pedagang Nasi Liwet di Solo menjualnya mulai dari harga Rp 8.000 untuk per-porsi. Sangat murah dan pastinya enak dan mengenyangkan!

#2 Makanan Khas Kedua Adalah Selat Solo

makanan khas selat solo

Siapa yang tidak mengenal makanan khas yang satu ini, iya Selat Solo, steak eropa ala Jawa ini sangat banyak peminatnya.

Selat Solo merupakan makanan khas Solo yang telah mendapat pengaruh dari Eropa. Makanan ini berupa sup yang dilengkapi dengan aneka sayuran segar seperti wortel, buncir, tomat, selada dan kentang goreng.

Namun yang lebih menarik Selat Solo ini juga menjadi peran utama dalam makanan ini adalah telor dan daging bistik. Rasanya sangat segar, lezat dan sehat.

Selain itu, keunikan Selat Solo terletak pada penyajiannya. Lain dengan steak ala Eropa yang dihidangkan selagi panas, Selat Solo selalu disajikan dalam keadaan dingin. Namun, beberapa rumah makan di Solo dapat menyajikannya dalam kondisi hangat apabila tamu memintanya.

Penasaran dengan makanan khas yang satu ini? Jangan lupa cicipi steak ala Jawa ini saat berkunjung ke Solo iya.

#3 Makanan Khas Ketiga Adalah Tahu Kupat

makanan-khas-tahu-kupat

Makanan khas Solo selanjutnya adalah Tahu Kupat. Iya, meskipun tahu kupat banyak kita temui di luar kota Solo, namun tahu kupat khas Solo sangat menarik untuk dicicipi. Makanan ini selain rasanya enak, juga dikenal sebagai kuliner lezat dengan harga merakyat.

Tahu kupat sendiri terdiri dari ketupat, mie basah, tauge, tahu goreng, bakwan goreng, dan taburan kacang goreng kemudan disajikan dengan bumbu kecap manis encer ditambah bawang goreng, sehingga membuat tahu kupat memiliki cita rasa yang gurih, manis dan pastinya sangat lezat.

#4 Makanan Khas Keempat Adalah Soto Gading

makanan khas soto gading

Siapa tidak tahu Soto Gading? Warung soto yang menjadi langganan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini cukup populer di kalangan masyarakat luas khususnya dikota Solo.

Berbeda dengan soto di daerah lain, soto Gading merupakan makanan khas Solo berupa soto dengan kaldu yang sangat kental.  Isian soto gading ada soun, suwiran daging ayam plus taburan bawang merah goreng, dan irisan daun seledri.

Apalagi rasa rempahnya yang kuat. Ini yang juga menjadi keunikan soto gading tersendiri. Jangan lupa mencicipinya, ya jika Anda dan keluarga mampir di kota Solo!

Selain itu, sebagai pendamping makan soto, tersedia aneka gorengan tahu, tempe, sate usus, sate daging sapi, empal, dan perkedel yang disajikan di meja makan pengunjung.

#5 Makanan Khas Kelima Adalah Tengkleng Kambing

tengkleng kambing

Makanan atau Kuliner apa yang begitu identik dengan Solo? Jika jawaban kamu adalah tengkleng Solo, acungan dua jempol layak diberikan.

Iya, Tengkleng memang menjadi salah satu varian masakan dari bahan dasar daging kambing yang cukup ngehits di Solo, selain sate dan gule tentunya.

Walaupun memiliki ciri mirip seperti gulai, tapi masakan tradisional bernama tengkleng ini resep dan cara membuatnya tak sama loh, bahkan citarasanya juga sangat berbeda.

Sebab, tekstur dagingnya yang empuk akan membuat lidahmu bergoyang-goyang. Bahkan kamu ketagihan untuk mencobanya lagi.

#6 Makanan Khas Keenam Adalah Sate Kere

sate kere

Pernah dengar sate kere? Kuliner unik khas Solo ini lahir karena mahalnya harga sate daging bagi kalangan menengah ke bawah di zaman dulu.

Hanya kalangan menengah atas yang bisa membelinya. Karenanya, munculah ide membuat sate dengan bahan dasar jeroan sapi. Bahkan ada juga yang menggunakan tempe gambus sebagai pengganti daging. Siapa sangka, hidangan tersebut kini difavoritkan banyak orang.

Meski awalnya merupakan makanan rakyat kecil, sekarang harga sate kere sudah meroket naik sehingga sebenarnya menjadi tidak cocok dengan namanya.

Penasaran ingin mencobanya? Silahkan datang ke kota Solo iya.

#7 Makanan Khas Ketujuh Adalah Timlo

timlo

Liburan ke Solo menjadi agenda paling pas untuk mencicipi semua makanan enaknya. Jangan hanya kekinian, banyak makanan khasnya yang menggoda untuk dicoba. Salah satunya Timlo, sejenis sop yang berisi suwiran daging ayam, irisan telur, pindang kecap, ati ampela, hingga potongan sosis Solo.

Nah, Itulah beberapa makanan khas Solo yang mungkin dapat kamu nikmati kelezatannya. Jika sekarang kamu sedang kulineran di daerah Solo, jangan lupa mampir dan mencicipi salah satu makanan khas di kota ini. Selamat berkuliner dan berwisata, Terima kasih semoga bermanfaat.

Related Post