Kuliner Indonesia, Masakan Lontong Bikin Ketagihan

masakan lontong

Masakan Lontong – Siapa yang belum pernah nyicipi lontong? Makanan satu ini biasanya digunakan pengganti nasi. Lontong dibuat dari beras yang dibungkus dengan daun pisang kemudian dimasak dengan banyak air sehingga teksturnya lembut. Daun pisang menjadikan warna lontong sedikit kehijauan dan punya aroma yang khas sekali.

Beberapa orang ada yang memilih lontong sebagai pengganti nasi atau sebaliknya. Hampir seluruh masyarakat indonesia familiar dengan makanan yang satu ini. Karena makanan ini bisa dipadukan dengan berbagai macam masakan nusantara. Lontong juga bisa membuat makanan jadi tambah nikmat.

Lontong adalah makanan khas Indonesia yang berkembang di masyarakat Jawa, terbuat dari beras yang dibungkus dalam daun pisang dan dikukus di atas air mendidih selama beberapa jam dan jika air hampir habis dituangkan air lagi demikian berulang sampai beberapa kali.

Masakan Lontong Bikin Ketagihan

Lontong Kupang, Surabaya

Kupang merupakan hewan laut sejenis kerang atau tiram biasanya hidup di bibir pantai atau lumpur air asin. Bentuknya kecil, berukuran kira-kira tiga sampai lima milimeter, tubuhnya berwarna cokelat agak pucat. Kupang atau disebut juga kerang putih

Makanan ini biasanya disajikan bersama dengan lontong, tauge, tahu, lento (kacang tolo yang diolah dengan singkong lalu digoreng), sate kerang, kupang. Kemudian disiram dengan kuah bening dan bumbu petis. Meski rasanya nikmat banget, buat kamu yang punya elergi seafood skip dulu ya, masih banyak kuliner nikmat olahan lontong.

Lontong Balap, Surabaya

Siapa yang tak kenal sama makanan ini, lontong balap. Seperti halnya lontong kupang, makanan ini juga bersal dari Surabaya. Satu porsi makanan ini berisi lontong, tauge, tahu, lento, sate kerang yang disiram dengan kuah bening dan bumbu petis. Lontong balap biasanya didominasi oleh tauge.

Mungkin sebagian besar dari kamu masih bertanya-tanya, cerita dibalik nama lontong balap? Menurut sejarah, dulu banyak penjual lontong yang membawa dagangannya di dalam kuali dengan cara dipikul, dan mereka berbondong-bondong menuju Pasar Wonokromo, yang merupakan pusat lontong balap, dengan buru-buru sehingga nampak seperti balapan. Dari sanalah nama lontong balap berasal.

Lontong Tahu, Blora

Bica soal kuliner, Indonesia memang punya segudang kuliner yang enak untuk dicoba. Nah, olahan lontong selanjutnya yaitu lontong tahu. Makanan ini disajikan dengan saus kacang, tauge, kol mentah, bawang goreng, kerupuk dan kecap khas Blora. Saat menikmatinya, lontong tahu biasanya disajikan di atas daun pisang atau daun jati.

Lontong Cap Go Meh

Olahan lontong satu ini merupakan sajian khas Jawa dimana sajian lontong yang disajikan dengan beragam lauk yang melimpah. Cerita dibalik makanan ini yaitu lontong Cap Go Meh merupakan adaptasi masyarakat Tionghoa Indonesia terhadap masakan local Indonesia, khususnya di Jawa.

Lontong Cap Go Meh, seperti namanya, adalah makanan khas saat perayaan Cap Go Meh (tanggal 15 tahun baru Imlek). Perayaan tersebut biasanya ditutup dengan perayaan Cap Go Meh kemudian bersama-sama menyantap “Lontong Cap Go Meh”.

Hidangan ini dipercaya sebagai lambang asimilasi budaya antara kaum pendatang Tionghoa dengan penduduk asli Jawa. Lontong Cap Go Meh juga dipercaya sebagai makanan yang membawa keberuntungan. Lontong Cap Go Meh terdiri dari opor ayam, telur petis, sambal goreng ati, acar, kerupuk, dan bubuk kedelai sebagai taburan.

Lontong Sayur, Jakarta

Betawi sendiri merupakan sebutan bagi penduduk asli yang menetap di Jakarta di masa lalu sampai saat ini.
Penduduk Betawi asli memiliki keragaman budaya yang dinamis. Bisa dilihat dari cara berbicaranya, sampai cara hidupnya, bangunan rumahnya, bahkan masakan khasnya.

Nah, salah satu makanan khasnya yaitu lontong sayur merupakan makanan khas suku Betawi, Jakarta. Lontong sayur atau ketupat sayur biasanya terdiri dari pepaya muda atau labu siam, kacang panjang, irisan tahu atau tempe yang dimasak di dalam santan dan dicampur bumbu. Sebagai pendamping, ada kerupuk, telur rebus, sambal, dan bawang goreng di atasnya.

Lentog Tanjung, Kudus

Nama Lentog sendiri diambil dari kata pulen dan montog, yang menggambarkan rasa dan bentuk dari lontong yang di gunakan pada Lentog Tanjung ini. Sedangkan kata tanjung adalah nama sebuah desa di Kudus bernama “Tanjung Karang” yang merupakan daerah asal dari lentog itu sendiri. Sekilas makanan ini hampir sama dengan lontong cap gomeh. Makanan ini terbuat campuran lontong, sayur nangka, dan sayur tahu. Jadi, kalau kamu sedang berkunjung ke Kudus jangan lupa menyicipi olahan lontong asal Kudus ini.

Demikian penjelasan tentang Kuliner Indonesia, Masakan Lontong Bikin Ketagihan. Jika Anda penasaran dengan kelezatannya, bisa Anda coba pas Anda berlibur di salah satu kota yang Anda tuju, terima kasih.

Related Post