Berkunjung Ke Bandung? Ini Oleh Oleh Khas Bandung yang Wajib Anda Beli

“Ada Paris di Indonesia” Mendengarnya lantas kota mana yang terlintas dalam benak mu?

Yups, benar sekali. Bandung yang berlokasi di Jawa Barat mendapat julukan Paris Van Java, alasannya yaitu karena suasana udara Bandung yang sejuk mengingatkan dengan suasana Kota Paris. Tak hanya itu tapi juga dikaitkan dengan gadis Bandung yang dikenal cantik dan trendi, karenanya bandung juga memiliki sebutan sebagai kota Kembang.

Nah, mungkin dari kamu ada yang berencana berkunjug ke kota yang satu ini. Mengunjungi sebuah kota memang tidak afdol kalau pulang hanya bawa tangan kosong. Karenanya, munculah tradisi membawa oleh-oleh setelah berkunjung kesuatu tempat. Membawa oleh- oleh untuk keluarga maupun teman ketika kita sedang berpergian juga bisa mempererat sebuah hungan.

Kota yang cukup populer di Jawa Barat ini, cukup banyak memiliki kuliner lezat dan unik. Makanan Khas Bandung menjadi pilihan untuk menjadi oleh-oleh dan melengkapi liburan kamu. Berbeda dengan kuliner Jawa Tengah yang terkenal dengan rasa legitnya, kuliner bandung mempunyai cita rasa yang pedas dan gurih.

Penasaran, apa saja makanan populer di kota bandung. Yuk, simak kuliner lenzat dan harus anda cicipi saat di Ibukota Jawa Barat ini.

Peuyeum

Menjadi orang Indonesia, tentunya kita sangat familiar dengan kuliner berbahan dasar ketela. Peuyeum merupakan kuliner dari olahan ketela. Peuyeum disebut juga dengan tape. Berbeda dengan tape pada umumnya yang berair dan agak encer, peuyeum dibuat dari singkong yang telah dibersihkan kemudian dikukus dan diberi ragi dengan ditempatkan pada tempat tertutup.

Bagi kamu yang tengah berada di kota ini, menemukan Peuyeum sangatlah mudah. Biasanya peuyeum dijajakan dengan cara digantung dengan tali dalam jumlah banyak.

Tahu Tauhid

Selain familiar dengan olahan ketela, masyarakat Indonesia juga familiar dengan olahan kedelai. Tahu merupakan produk olahan kedelai yang sangat populer di Indonesia.Jika mendengar kata tahu tauhid yang cenderung Islami mungkin anda beranggapan produk olahan tahu yang satu ini hanya dikonsumsi oleh beberapa orang saja. Kalau memang iya, Anda salah besar Tahu tauhid boleh dikonsumsi siapa saja, tahu ini memiliki cita rasa yang enak dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Bandung.

Sama seperti olahan tahu lainnya, setelah digoreng adalah gurih dengan tekstur kenyal dan sedikit renyah.

Kopi Aroma

Bagi Anda, peminat kopi wajid untuk mencoba olahan kopi yang satu ini. Berbeda dengan olahan kopi lainnya, kopi ini terbuat dari biji kopi yang telah disimpan selama lima hingga delapan tahun. Penasaran dengan aroma dan cita rasany, sudah bisa ketebah bahwa olahan kopi ini menghasilkan rasa dan aroma yang khas. Proses penyimpanan biji kopi yang bertujuan menghasilkan aroma dan cita rasa yang unik, proses ini juga juga untuk menekan tingkat keasaman kopi memudar sehingga peminumnya tidak akan merasakan kembung lagi.

Oncom

Selain tahu dan tempe yang proses pembuatannya menggunakan ragi, begitu juga Oncom. Proses pembuatan Ocom terbilang cukup unik yaitu dibuat menggunakan kacang tanah atau ampas kelapa. Bahkan sekilas, produk olahan oncom nampak seperti tempe.

Tahu Susu

Selain, tahu tauhid, Bandung juga mempunyai produk olahan tahun lainnya, yaitu tahu susu. Seperti halnya, proses pembuatan tahu, namun, tahu susu pembuatannya cukup unik yaitu dibuat dengan tambahan susu asli. Tambahan susu murni ini menciptakan tahu memiliki cita rasa gurih dan lembut.

Rujak Cireng

Cireng adalan kuliner yang terbuat dari olahan tepung kanji yag digoreng dan untuk menambah cita rasa Cireng biasanya disajikan dengan saus untuk menambah nikmat rasanya. Untuk kuliner rujak Cireng, cireng disajikan dengan bumbu rujak yang rasanya asam, manis, pedas. Perpaduan antara keduanya menjadikan kuliner ini sangat nikmat dan dan lezat.

Seblak

Tak hanya populer di Bandung, kuliner yang satu ini bahkan populer di luar Bandung. Kuliner ini bahkan lagi hits di kalangan anak muda. Seblak terbuat dari kerupuk basar yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein lain seperti ayam, telur atau olahan daging lain memiliki cita rasa gurih dan pekatnya rasa kencur sebagai khas dari seblak membuat lidah semakin ingin terus memakannya. Seblak memiliki 2 jenis cara penyajian yaitu seblak kering dan basah.

Surabi

Selain menjadi makanan khas, mungkin kamu juga sering menemukan jajanan yang satu ini banyak dijual di pasar.bahkan jajanan ini menjadi jajanan pasar yang cukup banyak diminati. Surabi memiliki rasa yang lembut dengan berbagai varian rasa surabi telah diciptakan. Mulai rasapandan, original, durian keju, ayam telur keju sampai kismis.

Gepuk Nyonya Ong

Gepuk dikenal juga sebutan Empal. Gepuk merupakan hasil olahan daging sapi yaitu potongan daging yang telah digeprek dan ditipiskan akan dirangkai dengan lidi untuk menjaga seratnya tak hancur saat dimasak. Kuliner ini lebih nikmat saat disantap bersama nasi hangat.

Demikian, sekilas Makanan Khas Bandung yang bisa menjadi pilihan kamu menjadi makanan oleh-oleh saat mengunjungn kota ini. Jadi, jangan sampai kelewatan meluangkan waktu untuk membeli kuliner di kota kembang ini.

Related Post