Oleh Oleh Khas Jogja Dari Terlezat Hingga Anti Mainstrem | Kamu Harus Coba!!!

“Hey cantik
Bawa aku jalan
Jalan kaki saja menyusuri kota
Ceritakan semua ceritamu pada ku”

Ada yang tau sama penggalan lirik lagu yang dipopulerkan Adhitia Sofyan. Sebuah lagu yang meceritakan keindahan salah satu kota di Indonesia. Salah satu kota yang memiliki banyak sebutan dan kaya akan makanan legitnya. Yups, lagu ini bercerita tentang Jogja, dengan judul lagunya sesuatu di Jogja.

Kita beranjak sejenak tentang lagu, Artikel ini akan mengulas tentang makanan atau oleh-oleh yang wajib kamu cicipi saat berkunjung di kota romantis penuh kenangan ini. Kepopuleran Jogja tak hanya dikalangan oleh orang Indonesia saja, begitu juga orang asing. Jadi, tidak ada alasan kenapa kota ini cukup ramai mulai dari keindahan pariwisata, keramahan penduduk setempat, kelezatan kulinernya, cerita-cerita sejarahnya, bahkan banyaknya penamaan kota.

Sudah menjadi rahasia umum kalau kota ini memiliki banyak keistimewaan,salah satunya tentang penamaan kota yang masih membuat masyarakat bingung membedakan mana yang benar. Seperti Yogja, Jogja, Jogya, Yogya, jogjakarta, yogjakarta, bahkan ngayogyakarta. Unik memang, apapun sebutan kalian untuk kota ini, kuliner yang kita bahan saat berada di kota yang sama.

Nah, jika kamu tengah berjunjung atau akan berkunjung ke Jogja maka sempatkanlah membeli makanan oleh—oleh khas Jogja. Berikut oleh-oleh khas Jogja enak, lezat dan wajib untuk dibawa pulang!

Bakpia Pathuk

Untuk makan oleh -oleh yang satu ini terbilang cukup legendaris bahkan tidak tergantikan. Sangking populernya makan ini, kamu belum ke Jogja kalau pulang tidak bawa oleh-oleh kue yang satu ini. Saat menyicipi pertama kali teksturnya yang lembut dan cita rasa manisnya seketika mengingatkan keindahan kota Jogja. Bakpia Pathuk
terbuat dari campuran kacang hijau, gula, kemudian dibungkus dengan tepung ini sangat disukai oleh para pelancong. Sebagai oleh-oleh Jogja, makan ini terus berinovasi yaitu rasa yang beragam dan warna yangg menarik

Bakpia Kukus Tugu Jogja

Bakpia Pathuk yang bermula nama sebuah desa Pathuk pada awal abad ke-20. Kini ada inovasi penyajian bakpia yaitu Bakpia Kukus Tugu Jogja. Dibandingkan pathok, bakpia Tugu Jogja memiliki tekstur yang lembut luar dan dalam. Varian rasanya cukup banyak, ada kacang hijau, kacang merah, keju, dan cokelat.

Gudeg

Sama seperti Bakpia Pathuk, Gudeg menjadi kuliner Jogja yang gak boleh kamu lewatkan. Kuliner khas ini merupakan olahan nangka muda yang dimasak dengan santan dan disajikan bersama sambal goreng krecek. Sangking populernya makan ini, bahkan Gudeg memiliki dua jenis, yakni basah dan kering. Kalau kamu pengin membawa pulang, belilah gudeg kering. Jadi, kuliner yan satu ini memiliki perpanjangan masa kadarluarsanya dan enggak perlu khawatir lagi gudeg yang kamu bawa basi dalam perjalanan.

Walang Goreng

Untuk oleh-oleh yang satu ini bagi beberapa orang ini bisa dibilang cukup ekstrem. Karena, beberapa orang merasa geli atau mungkin takut sama hewan yang dijadikan bahan dasar cemilan ini. Namun, meskipun begitu, tak ada salahnya mencicipi, bahkan beberapa orang percaya belalang memiliki banyak khasiat menyembuhkan beberapa penyakit. Belalang sendiri kaya kandungan protein dan bisa menjadi pilihan sebagai lauk lezat. Ada tiga pilihan rasa yang bisa kamu pilih, yaitu gurih, pedas, dan bacem. Harganya beragam, namun rata-rata Rp30.000 untuk satu toples.

Geplak

Cita rasa legit kuliner Jogja memang cukup sulit dihilangkan. Salah satunya makanan legit khas Jogja yang satu ini, yaitu Geplak. Geplak berbahan dasar kelapa, gula, dan pewarna makanan yang membuat kita ngiler duluan. Geplak memiliki banyak varian warna dan rasa. Varian rasa seperti nangka, durian, cokelat, dan vanila. Selain, warna-warninya yang menarik perhatian Geplak memiliki bentuk yang unik. Geplak biasanya disajika dalam wadah yang terbuat dari anyaman bambu.

Yangko

Sama seperti Geplak yang memiliki dengan warna-warni, Yangko juga makanan tradisional yang memiliki warna serupa. Yangko terbuat dari tepung ketan dan dibalut tepung di bagian luarnya. Bentuknya kotak dan rasanya cenderung manis dan sangat khas. Yangko memiliki kekhasan rasa. Kecuali rasa manis yang dominan. Selain rasa asli, kini bisa pula ditemui yangko dengan rasa buah-buahan, seperti stroberi, nangka, coklat, durian dan melon.

Salak Pondoh

Tak hanya kota Malang yang memiliki buah Apel sebagai kuliner khas, Jogja tepatnya wilayah Sleman ada buah salak pondoh. Karena Daerah Sleman sendiri, khususnya di lereng Gunung Merapi, terkenal sebagai tempat budi daya salak pondoh. Sekali mencicipinya, kamu akan disugukan rasa manis dan segar, jadi wajib bagi Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh Jogja.

Bagaimana sudah kepikiran mau borong kuliner apa saat berkunjung ke Jogja? Jadi jangan sampai klewat dan lupa membeli kuliner khas Jogja ya, agar trevelermu semakin afdol.

Related Post