Serba Manis dan Warna-Warni, Apa Permen Jadul Favoritmu?

permen jadul

Permen jadul – Seberapa manis masa kecil kalian. Lalu apa kenangan manis yang tak terlupakan. Pastinya banyak, salah satunya mungkin saat kalian masih asik bermain, polos, makan sepuasnya dan belum kecanduan gawai seperti anak-anak sekarang.

Lalu, bagaimana kenangan manis sama permen jadul yang murah meriah dan dijajakan beragam rasa dan warna yang mencolok? Banyangkan saja uang 500 perak kalian sudah bisa menikmati permen gulali dan es lillin. Dulu jajanan itu dijajakan para pedagang yang berjejer di depan gerbang sekolah dengan barang jajanan unik yang murah meriah. Kini jajanan itu dibandrol mulai harga seribu rupiah.

Jajanan jadul apa sih yang jadi favorit kamu? Kalau kamu termasuk generasi 90an, berbagai makanan dan cemilan yang populer di tahun itu pasti menjadi favorit kamu, kan? Apalagi di era digital yang serba modern seperti sekarang ini, makanan dan cemilan jadul sudah jarang ditemui. Nah, untuk ngobatin kangen kamu, artikel kali ini bakal ngajak kamu bernostalgia jajanan yang populer saat itu. Berikut beberapa permen jadul yang pernah populer dimasanya.

  • Cokelat Koin

permen coklat - koin coklat

Masih ingat sama manisan yang satu ini. Manisan yang satu ini paling digemari banyak anak-anak karena pacakaging-nya yang menarik. Yups, manisan jadul berupa cokelat yang dikemas dengan kertas timah bewarna emas layaknya koin emas. Bahkan anak kecil dibeberapa daerah menjadikan kertas timah bewarna emas sebagai uang mainan saat saat bermain penjual dan pembeli. Kalau dijual, cokelat koin biasanya ditempatkan dalam stoples tinggi mirip celengan penuh uang.

  • Permen Rokok

permen rokok

Selain coklat koin, manisan yang satu ini juga memiliki pacakaging yang menarik. Sama seperti namanya manisan yang satu ini dikemas layaknya rokok sungguhan. Tentunya, isi dari permen ini bukan dari bahan rokok, melainkan bubuk cokelat yang manis banget. Tapi beberapa manisan ini juga dijajakan dengan rasa peppermintdengan kemasan berwarna putih dengan garis spiral yang mengellilinginya. Manisan yang satu ini populer karena kemasannya yang benar-benar seperti rokok dan bisa untuk bergaya.

  • Enting-enting Gepuk

Enting-enting Gepuk

Manisan yang satu ini juga banyak digemari karena rasanya yang legit dengan perpaduan kacang gurih dengan tekstur yang agak keras. Enting enting gepuk sendiri merupakan salah satu olahan dari kacang, gula pasir, air dan essens yang berasal dari Salatiga, Jawa Tengah. Pembuatannya pun cukup mudah yaitu kacang tanah yang ditumbuk halus. Manisan enting-enting gepuk mudah dinikmati oleh semua kalangan usia.

  • Permen Meledak

Permen Meledak

Siapa yang pernah menyicipi permen yang bisa membuat lidah meledak ini? Berasa meledak saat memakannya? Manisan yang satu ini tidak berbahaya sama sekali lo. Bahkan manisan yang satu ini bikin nagih. Disebut meledak karena ketika permen ini dimakan, bakal merasakan sensasi meledak dan menggelitik di mulut.

Rasa asamnya ngagetin! Tiga puluh detik saat masuk ke dalam mulut, rasa asamnya bikin merem melek. Bahkan mereka yang tidak kuat dengan rasa asam, otomatis akan melepehnya. Namun, setelah beberapa saat rasa asamnya akan hilang menjadi permen manis rasa buah. Permen ini dijual dengan banyak varian rasa asam dan manis. Manisan ynag satu ini masih bisa ditemukan di beberapa toko.

  • Telur Cicak

Telur Cicak

Bukannya geli, tapi manisan yang satu ini jadi favorit banyak orang. Ingat telur kecil berwarna-warni rasa cokelat? Telur ini dinamakan telur cicak karena berukuran sangat kecil layaknya telur cicak sungguhan. Manisan yang satu ini menjadi salah satu jajanan yang disukai anak-anak. Ketika memasukkan permen telur cicak ke mulut, kamu pasti akan merasakan manis dengan kejutan isi bisa berupa roti atau kacang-kacangan gitu.

Ciri khas manisan ini diselimuti corak warna-warni. Warna-warninya membuat siapa saja yang memandangnya berniat untuk melahapnya. Telur cicak biasanya dijual dalam jumlah banyak di satu plastik. Biasanya dalam satu bungkus permen telur cicak dengan ukuran kecil dijual sekitar 500 rupiah.

  • Rambut nenek

Rambut nenek

Nama manisan satu ini memang cukup nyentrik karena bentuk manisan yang sekilas dianggap mirip seperti rambut nenek-nenek. Rambut nenek juga dikenal dengan sebutan arum manis ini keberadaannya memang masih sering dijual dan cukup mudah untuk ditemukan.

Manisan yang satu ini memiliki rasa yang manis menjadikan arum manis salah satu jajanan era 90’an yang populer. Manisan yang satu ini terbuat dari gula dan tepung terigu yang diapit dengan wafer bulat berwarna merah mudah. Walau makannya agak repot karena tekstur wafer yang ringkih dan tipis. Manisan yang satu ini masih populer dijual di sekolah-sekolah dan di pasar malam.

  • Permen Gulali

Permen Gulali

Tak hanya digemari di Indonesia bahkan manisan jadul ini populer di beberapa negara. Jajanan gulali ini selalu laris manis dengan pelanggan setianya anak-anak.Jika dilihat sekilas Permen satu ini bagaikan lollipop dengan kearifan lokal. Permen klasik tersebut terbuat dari gula kental panas yang umumnya berwarna merah dan hijau.Penjual akan membentuknya menjadi hewan, bunga, maupun bulat-bulat. Teknik pembuatan permen ini juga unik dan pembuatannya disesuaikan dengan kemampuan penjual. Manisan biasanya ditusuk dengan stik kayu, kemudian teksturnya akan mengeras.

  • Permen Gula Kayu

Permen Gula Kayu

Ingatkah permen yang satu ini? Sekilas tampak seperti permen gulali. Nah, masih adakah yang berjualan permen ini disekitar warung daerah kalian? saat itu haraganya masih murah Rp.100, mungkin saat ini harganya Rp.500. Sudah sangat jarang bila kita ingin mencari permen gula ini, gula geliat ini adalah cemilan permen manis berwarna cokelat yang berasal dari Samarinda.

Seperti gulali, permen ini disajikan sudah dalam keadaan keras. Permen ini sangat khas dari tampilannya yang menyerupai potongan kayu. Permen ini terbuat dari bahan campuran gula aren dan gula putih yang dimasak hingga menjadi karamel. Setelah matang, barulah campuran gula ini ditarik berulang kali hingga lentur dan dapat dicetak menjadi bentuk panjang dengan lebar yang kecil.

  • Yosan

yosan

Pasti kalian tahu dengan permen hits-hitsnya jaman SD. Bila Anda hidup di era 90an, tentu masih ingat dengan permen karet bemerek Yosan. Permen ini menawarkan rasa apel, anggur, jeruk, soda, dan lain-lain. Pada zamannya, jajanan itu menjadi hits karena tren bungkusnya yang dapat dikumpulkan hingga mengoleksi huruf Y-O-S-A-N. Bila berhasil, Anda dijanjikan untuk mendapatkan hadiah tertentu. Tapi bungkus yang bertuliskan huruf N sulit ditemukan.

Untuk mendapatkan hadiah harus mengumpulkan bungkus kemasan permen ini. Nah, apakah anda salah satu orang yang mengoleksi bungkus permen ini? Lalu apakah kalian berhasi? Namun, berdasarkan anak-anak generasi tahun 90’an sampai saat ini mereka tidak pernah berhasil menemukan huruf “N” dari bungkus permen karet ini. Wah, kira-kira kemana ya huruf “N” tersebut?

Memang tidak ada habisnya kalau mengorek-ngorek kenangan manis saat itu. Demikian paparan singkat tentang permen jadul yangpopuler pada masanya. Semoga artikel ini bisa ngajak kamu kembali bernostalgia pada saat masa-masa kecil dulu.

Related Post